/* Page Structure

Rabu, 16 Maret 2011

Rambut Beruban


Rambut Beruban

Uban atau rambut yang sudah mulai memutih kadang menjadi halangan atau justru juga dapat menjadi idaman dalam pergaulan sehari-hari. Masih Muda Kok Ubanan. Uban atau rambut putih tidak didominasi orangtua saja. Banyak anak muda yang usianya masih di bawah 30 tahun, tapi sudah ada rambut putihnya. Kalau tidak percaya, coba saja periksa dulu rambutmu. Siapa tahu, sudah ada yang putih. Walaupun cuma 1 atau 2 helai, tetap harus diwaspadai.

Ada dua faktor penyebab perubahan warna rambut, yakni :

  1. Internal, adalah keturunan atau genetis. Munculnya uban yang disebabkan karena faktor genetis tidak dapat dicegah atau disembuhkan. Hal itu terjadi karena metabolisme pembentukan pigmen pada orang yang mempunyai turunan beruban memang tidak bisa bertahan lama. Sehingga rambutnya mudah memutih;
  2. Eksternal, adalah faktor yang bisa merangsang pertumbuhan uban dengan cepat, biasanya berkaitan dengan lingkungan dan gaya hidup. Faktor luar penyebab timbulnya uban, misalnya, kurangnya suplai makanan atau gizi ke akar rambut akibat diet terlalu ketat sehingga tercipta pola makan yang kurang sehat, yakni makanan yang kurang serat dan vitamin A. Kelelahan saraf mata akibat sering begadang, kebiasaan merokok, atau terlalu banyak minuman beralkohol juga bisa menimbulkan helai-helai rambut putih di kepala kita. Faktor eksternal yang paling cepat merubah warna rambut kita menjadi putih adalah stress.

Ada berbagai Tips yang dapat dilakukan untuk mencegah atau mengatasi rambut beruban, sebagai berikut:

  1. Mulailah mengkonsumsi makanan bergizi serta pola makan seimbang. Pilih makanan berprotein tinggi dan yang memiliki kandungan lemak rendah serta banyak mengkonsumsi buah-buahan.
  2. Olahraga teratur juga bisa menghambat timbulnya uban. Olahraga bisa menenangkan saraf dan pikiran sehingga sangat berpengaruh untuk memperlambat timbulnya uban.
  3. Rambut juga perlu nutrisi. Carilah vitamin khusus rambut yang aman dan sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter. Rajin melakukan creambath secara rutin juga memperlambat timbulnya uban.
  4. Terapi akupuntur dengan cara tusuk jarum di pusatkan di lima titik saraf di kepala bisa juga memperlambat timbulnya uban. Nah, untuk yang satu ini, sebaiknya kamu tanyakan pada ahlinya. Jangan sembarangan pergi ke akupuntur.
  5. Yang terakhir, nikmati hidupmu dengan gembira. Sebab, sering stres dalam menjalani hidup bisa mempercepat timbulnya uban. Jadi, hidup ini jangan dibikin susah.

Label: , ,

0 Komentar:

Poskan Komentar

Berlangganan Poskan Komentar [Atom]

<< Beranda