/* Page Structure

Rabu, 16 Maret 2011

Sarapan Pagi? Penting Banget


Sarapan Pagi? Penting Banget

Sarapan adalah salah satu rahasia untuk menjaga kesehatan. Tak peduli seberapa sibuknya Anda, penting mengisi bahan bakar untuk tubuh sehingga energi terpenuhi sepanjang hari. Sarapan, selain memberi modal energi untuk berktivitas sepanjang hari juga memiliki manfaat lain yang tak kalah pentingnya, antara lain :

Memberi kekuatan metabolisme. Sarapan dipertimbangkan sebagai waktu makan yang penting karena mengganti waktu malam yang tak terisi makanan, serta menambah kebutuhan gula dalam tubuh. Gula adalah sumber energi yang diserap dari karbohidrat yang Anda makan. Di pagi hari, setelah tak mengkonsumsi makanan selama 12 jam, zat gula dalam tubuh turun ketingkat yang paling rendah. Saat ini terjadi, tubuh menggantinya dengan melepas zat gula yang telah ditimbun di lapisan otot dan liver, yang disebut glycogen.

Penurunan berat badan. Selama tidur 12 jam tubuh puasa sepanjang malam, dan di pagi hari berada dalam tahap pertama merasa lapar. Melewatkan sarapan membuat tubuh tetap 'dalam kelaparan,' sedangkan mengkonsumsi makanan yang bagus akan memberi peningkatan metabolisme. Jika Anda dalam upaya mengurangi berat badan, melakukan sarapan makanan sehat akan meningkatkan kemampuan pembakaran lemak dalam tubuh. Lebih jauh, sarapan dapat meningkatkan energi sebagaimana metabolisme sepanjang hari.

Menambah esensial nutrisi dan tingkat keseluruhan energi. Sarapan menyediakan proporsi signifikan asupan total nutrisi untuk sepanjang hari. Juga menawarkan kesempatan untuk mengkonsumsi makanan yang penuh nutrisi seperti zat besi, vitamin dan serat. Esensial vitamin, mineral dan nutrisi lainnya hanya dapat diperoleh dari makanan.

Memberikan bahan bakar kepada otak untuk meningkatkan konsentrasi. Juga memperbaiki kemampuan berpikir dan menjaga Anda tetap berada dalam penampilan mental terbaik.

Menghindari makan tak terkontrol. Sarapan dengan baik akan menjaga tubuh dari rasa lapar berlebih, dimana ini dapat mencegah Anda makan berlebihan di siang harinya. Makanan yang dikonsumsi saat sarapan mampu menahan lemak dan kalori tinggi dari makanan sepanjang hari. Jika tidak sarapan, Anda akan cenderung mengalihkan rasa lapar dengan ngemil sepajang pagi hingga menjelang makan siang. Dan hal ini akan mendorong Anda mencari pelarian lain pada kopi, atau minuman yang mampu meningkatkan energi.

Apapun yang Anda pilih untuk menu sarapan, beri tubuh dan otak Anda energi yang dibutuhkan untuk dibawa sepanjang hari. Berlakulah baik pada diri Anda sendiri, dan biasakan sarapan. Kebiasaan ini akan membuat Anda merasa lebih baik sepanjang hari. (dnu, disarikan dari web kesehatan indonesia)

Label: , ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda